Tak punya garasi !!! jangan beli mobil dulu deh. .

Di Jalanan komplek perumahan atau pemukiman warga sering terlihat adanya mobil parkir. Padahal jalan tersebut bukan halaman rumah dan sering kali menjadi sumber kemacetan.

Jika menemui hal itu, siapa yang tak jengkel? Terlebih jika parkirnya juga menghalangi jalan depan rumah tetangga.

Suku Dinas Perhubungan (Sudinhub) Jakarta Timur mmiliki layanan inovasi pengaduan parkir liar, yang disebut Sistem Informasi Pelaporan Parkir Liar Berbasis Aplikasi (Siparlibasi).

Dengan aplikasi ini, warga Jakarta Timur dan untuk saat ini khususnya di wilayah kecamatan Jatinegara, bisa melaporkan tetangga yang parkir sembarangan dengan identitas yang dirahasiakan.

“Setelah menerima pengaduan, tim akan bergerak dan melakukan tindakan di wilayah yang diadukan oleh warga,” jelas Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Sudinhub Jakarta Timur, Slamet Dahlan, saat dikonfirmasi belum lama ini.

Lanjut Dahlan, untuk di wilayah perumahan atau pemukiman tim dari Sudinhub Jakarta Timur memang akan melakukan tindakan persuasif. Namun, jika tidak digubris dan sudah dikomunikasikan dengan pejabat setempat seperti RT, RW, dan Lurah akan dilakukan penindakan yang lebih tegas.

“Jika masih nekat, ya kita lakukan tindakan preventif (pendekatan). Tidak butuh waktu lama, dan secepatnya jika memang masih nekat parkir sembarangan,” tegas Dahlan.

Sementara itu, aturan pemilik mobil harus memiliki garasi sendiri memang sudah diatur dalam Peratiran Daearah Provinsi Daerah Khusus Ibu Kota jakarta Nomor 5 Tahun 2014 tentang Transportasi, Pasal 140.

Pemprov DKI Jakarta mewajibkan tiap pemilik mobil di Jakarta juga memiliki garasi. Hal tersebut sesuai dengan Perda Nomor 5 Tahun 2014 Pasal 140 tentang pembatasan kendaraan bermotor.

Sanksi yang diberikan adalah penderekan bagi mobil yang parkir di jalan raya gang masuk kawasan larang parkir. Adapun untuk syarat membeli mobil, pemda DKI akan berkoordinasi dengan kepolisian agar tidak menerbitkan STNK bila pemilik tak memiliki garasi.

Dan untuk kedepannya, aplikasi semacam ini akan diperbaharui agar dapat  mencakup seluruh wilayah terutama pulau jawa. Nah, sudah paham kan sobat. Jika tak ingin terjadi apa-apa pada mobilmu ada baiknya untuk tak parkir sembarangan dan taati aturan.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.